JURNAL SISTEM INFORMASI PERAMALAN PENJUALAN LAPTOP CV NASTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED MOVING AVERAGE (WMA)

Share on :

 SISTEM INFORMASI PERAMALAN PENJUALAN LAPTOP
CV NASTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE
WEIGHTED MOVING AVERAGE (WMA)

Muhammad Aidil Fitri , Alex Wijaya , Kurniawan
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma
Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang
Email : aidil_part@yahoo.com


Abstract : Nasta CV Com is one of the companies engaged in the sale of laptops in District Lempuing about transactions that require data collection and forecasting for the next period. Stock purchase transaction processes laptop, laptop sales and forecasting on Nasta CV COM is still the conventional manner (in writing), so often find problems such as inefficient utilization of the waktuk, difficulty in predicting the laptop stock for the next period, and frequent errors in making transaction reports. In scientific writing computerize system will be applied in building information systems sales forecasting Nasta CV Com Lempuing with Method Weighted Moving Average (WMA). This method is a method that uses the techniques of different weights on the data available at the thought that the most recent data is the most relevant data for forecasting thus given greater weight. Methods Weighted Moving Average (WMA) is used to estimate the value of the next period. Based on the above description, the author makes an information system entitled "Information Systems Laptop Sales Forecasting at Nasta CV Com Lempuing Method Using Weighted Moving Average (WMA)" which is expected to assist and facilitate the data processing purchases, sales and forecasting for the next period in the CV Nasta Com.

Keywords : forecasting, sales, Weighted Moving Average Method

Absrak : CV Nasta Com merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan laptop di Kecamatan Lempuing yang memerlukan pendataan tentang transaksi dan peramalan untuk periode selanjutnya. Proses transaksi pembelian stock laptop, penjualan laptop dan peramalan pada CV Nasta COM saat ini masih dengan cara konvensional (tertulis), sehingga sering menemukan masalah seperti pemanfaatan waktuk yang tidak efisiensi, kesulitan dalam memperkirakan stock laptop untuk periode selanjutnya, dan sering terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan transaksi. Pada penulisan ilmiah ini akan diterapkan sistem komputersasi dalam membangun sistem informasi peramalan penjualan pada CV Nasta Com Lempuing dengan Metode Weighted Moving Average (WMA). Metode ini merupakan metode yang menggunakan teknik pemberian bobot yang berbeda atas data yang tersedia dengan pemikiran bahwa data yang paling akhir adalah data yang paling relevan untuk peramalan sehingga diberi bobot yang lebih besar. Metode Weighted Moving Average (WMA) ini digunakan untuk memperediksikan nilai pada priode selanjutnya. Berdasarkan uraian di atas maka, penulis membuat suatu sistem informasi yang berjudul “ Sistem Informasi Peramalan Penjualan Laptop pada CV Nasta Com Lempuing Dengan Menggunakan Metode Weighted Moving Average (WMA) “ yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah dalam pengolahan data transaksi pembelian, transaksi penjualan dan peramalan untuk periode selanjutnya pada CV Nasta Com.

Kata Kunci : peramalan, penjualan, Metode Weighted Moving Average



I.                  PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha di Indonesia mengalami persaingan yang cukup ketat di segala bidang, baik dalam bidang penjualan maupun jasa. Persaingan tersebut salah satunya disebabkan oleh kemajuan teknologi, munculnya para pesaing-pesaing baru yang berpotensi dalam mengembangkan produk-produk yang beraneka ragam dan berkualitas. Sehingga menuntut sumber daya manusia yang siap untuk menghadapi perkembangan tersebut.  Perubahan yang cepat pada teknologi informasi menjadi kekuatan utama dalam segala bidang seiring dengan perkembangan teknologi modern.
CV Nasta Com merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang  penjualan laptop di Kecamatan Lempuing antara lain laptop jenis Acer, Toshiba, Lenovo, Zyrex dan Asus.  Pada tahun 2009 berdiri CV Nasta Com yang di plopori oleh Bapak.Adi. CV Nasta Com beralamat di Jln. Lintas Timur KM.127 Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jumlah barang yang terjualan pada tahun 2012 dari bulan Juli sampai September, dapat dilihat pada tabel sebagai berkut :
Tabel 1.1 Jumlah penjualan barang Juli-September 2012
No
Jenis Laptop
Jumlah Barang
Jumlah
Stock
Keterangan
1
Acer
35
40
Akumulasi dari keseluruhan spesifikasi
2
Toshiba
12
15
Akumulasi dari keseluruhan spesifikasi
3
Zyrex
5
8
Akumulasi dari keseluruhan spesifikasi
4
Asus
9
12
Akumulasi dari keseluruhan spesifikasi
Total
61
75
Akumulasi dari keseluruhan Laptop
Sumber: CV Nasta Com, Bulan Juli –September 2012.
CV Nasta Com mempunyai pelanggan dari luar Kecamatan Lempuing seperti dari kecamatan Lempuing Jaya dan Kecamatan Mesuji Raya. Transaksi peramalan penjualan pada CV Nasta Com saat ini masih dengan cara konvensional yaitu masih dalam bentuk manual/tertulis. Adapun peramalan penjualan laptop pada CV Nasta Com saat ini dilakuakan dengan memperkirakan hasil penjualan dari priode sebelumnya dengan menghitung secara tertulis yang menyebabkan setiap ingin mengetahui peralaman per periodenya pegawai harus menghitung ulangan, CV Nasta Com dalam pembuatan laporan juga masih secara tertulis. Kondisi semacam ini yang menyebabkan banyaknya waktu yang terbuang sehingga pekerjaan tidak berjalan dengan efektif dan efisien.
Metode Weighted Moving Average (WMA) merupakan metode yang menggunakan teknik pemberikan bobot yang berbeda atas data yang tersedia dengan pemikiran bahwa data yang paling akhir adalah data yang paling relevan untuk peramalan sehingga diberi bobot yang lebih besar. Bobot ditentutan sedemikian rupa sehingga jumlah keseluruhannya sama dengan satu. Metode WMA ini menghasilkan nilai rata-rata untuk peramalan per periode, dengan menjumlah data-data lama dengan memberikan bobot pada setiap data perpriode. Weighted Moving Average (WMA) ini digunakan untuk memprediksi nilai pada periode mendatang dan diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada CV Nasta Com ini.
Untuk mengatasi permasalahan yang ada perlu adanya sistem yang menggunakan komputer untuk mempermudah melakukan peramalan penjualan per priodenya sehingga waktu yang digunakan bisa efektif dan efesien. Peneliti juga akan mengembangkan sistem peramalan penjualan berbasis web desktop untuk meningkatkan kinerja CV Nasta Com.
Berdasarkan penjelasan permasalahan yang ada, maka penulis akan membangun suatu sistem informasi yang bisa memberikan kemudahan dalam peramalan penjualan per periodenya. Maka penulis mengangkat skripsi dengan judul “ Sistem Informasi Peramalan Penjualan Laptop Pada CV Nasta Com Lempuing Dengan Menggunakan Metode Weighted Moving Average (WMA)”.
1.2    Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, tentang permasalahan yang ada pada CV Nasta Com, maka penulis merumuskan permasalahan yaitu “Bagaimana Membangun Sistem Informasi Peramalan Penjualan Laptop Pada CV Nasta Com Lempuing Dengan Menggunakan Metode Weighted Moving Average (WMA)?”.
1.3    Batasan Masalah
Skripsi ini dibatasi pada proses pembangunan sistem informasi peramalan penjualan CV Nasta Com Lempuing, yaitu :
1. Proses pembuatan sistem yang meliputi peramalan penjualan CV Nasta Com Lempuing dengan ketentuan menghitung penjualan periode sebelumnya, menghitung penjualan periode sekarang, menentukan bobot, dan memperkirakan penjualan priode mendatang.
2. Sistem peramalan penjualan ini untuk memperkirakan berapa penjualan periode mendatang berdasarkan metode weighted moving average.
3. Tahap pengembangan sistem peramalan penjualan yang digunakan Identifikasi dan seleksi proyek, inisiasi dan perencanaan proyek, analisis, desain, implementasi dan pemeliharaan

1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1   Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem informasi peramalan penjualan laptop pada CV Nasta Com Lempuing dengan menggunakan metode weighted moving average (WMA).
1.4.2        Manfaat Penelitian
Manfaat  penelitian ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi penulis sendiri dan CV Nasta Com Lempuing maupun Universitas Bina Darma Palembang. Diantara manfaat tersebut yaitu :
  1. CV Nasta Com Lempuing :
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu CV Nasta Com Lempuing dalam memperkirakan stock penjualan laptop untuk periode mendatang.
  1. Universitas Bina Darma Palembang :
Hasil penelitian ini dapat menambah bacaan ilmiah bagi para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bina Darma Palembang.
  1. Penulis :
Meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu program aplikasi komputer  sehinggan bermanfaat bagi penulis di masa akan datang.

 Semoga jurnal ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi dalam mengerjakan skripsi.untuk keterangan lebih lanjut tentang skripsi saya dan jurnalnya boleh hub saya.

No hp : 081366638723
E-mail : aidil_part@yahoo.com.

1 komentar:

Unknown mengatakan... 3 April 2016 pukul 17.14

makasih bang
bisa membantu saya dalam mencari refenrensi skripsi

Post a Comment and Don't Spam!